ITEKES Muhammadiyah Kalbar Edukasi Santri Al-Hasani Pontianak Soal Kesehatan Reproduksi Remaja

ZONAKALBAR.COM, PONTIANAK – Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat (ITEKES Muhammadiyah Kalbar) melakukan program edukasi tentang kesehatan reproduksi remaja pada santri Pondok Pesantren Al-Hasani Kota Pontianak. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dosen untuk menjalankan catur dharma perguruan tinggi pada 20 Februari 2023 kemaren.

Konten Pilihan:

Sebagai ketua Tim, Siti Masdah tidak bergiat sendiri namun dibantu oleh dosen dari prodi administrasi kesehatan Nuruniyah, SKM.,M.Kes dan Ayu Diana Meilantika, SKM.,MKM, tenaga kependidikan Sahbandi, S.Kep.,Ners dan mahasiswa dari program studi administrasi kesehatan yaitu Husaini, Anisa, Nova Tri Rahmawati, Abdi Muhammad Siddik dan Tri Aisah.

Tujuan dilakukannya giat tersebut di Pondok Pesantren Al-Hasani karena santri merupakan salah satu kelompok yang rentan, belum tersedianya tenaga kesehatan di pesantren, sulit untuk mengakses informasi kesehatan reproduksi karena tidak bisa membawa Handphone ke pondok dan jauh dari orang tua.

Apabila menemukan masalah terkait kesehatan reproduksi mereka akan cenderung bercerita ke teman yang ada di lingkungan pesantren. Begitu juga terkait perawatan organ reproduksi santri masih sangat minim pengetahuannya, sehingga mereka masuk kelompok yang rentan yang harus diberikan informasi yang tepat.

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Al-Hasani Asmu’I mengaku, pihaknya baik Yayasan Pondok Pesantren dan seluruh guru yang hadir merasa senang dengan kegiatan tersebut karena menambah wawasan para santri MA terkait kesehatan reproduksi yang hal ini masih di anggap tabu.

Al-Hasani Asmu’I juga berharap, hal ini bisa berkesinambungan dan sekolah MA dan bisa menjadi mitra kampus ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat. Mengingat kegiatan PKM ini disambut baik oleh seluruh santri, guru, kepala sekolah dan ketua Yayasan.

“Kegiatan ini di ikuti oleh siswa kelas X,XI dan XII agr mereka mendapat informasi yang sama dari sumber yang tepat,” katanya.