Penentuan Caleg, Lasarus: PDI-P Pertimbangkan Loyalitas ketimbang Kemampuan Modal

Saya tegaskan penentuan susunan caleg tidak diputuskan berdasarkan faktor like and dislike atau suka dan tidak suka. Penentuan diputuskan atas loyalitas dan keaktifannya mengurusi partai

ZONAKALBAR.COM, KUBU RAYA – Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus mengumpulkan para pengurus DPC partai se-Kalbar, Rabu (22/3/2023).

Pengurus DPC partai yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara itu dikumpulkan di Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Pengumpulan pengurus partai ini dalam rangka membahas penyusunan bakal calon anggota legislatif (baleg) DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota se-Kalbar.

Baca juga: Rudianto Tjen Bangga PDI-P Kalbar Punya Kantor Megah

Rapat koordinasi penyusunan baleg ini dipimpin langsung oleh pengurus DPP PDI Perjuangan.

Dalam rapat itu, Lasarus menegaskan bahwa dalam menyusun daftar caleg, PDI Perjuangan tidak memberikan prioritas kepada figur yang memiliki popularitas dan punya kemampuan modal.

Menurut Lasarus, ketimbang dua faktor tersebut, pihaknya lebih mengutamakan caleg yang mempunyai, integritas, loyalitas, kapasitas, dan dedikatif terhadap partai.

“Saya tegaskan penentuan susunan caleg tidak diputuskan berdasarkan faktor like and dislike atau suka dan tidak suka. Penentuan diputuskan atas loyalitas dan keaktifannya mengurusi partai.”

Mentang-mentang populer, punya logistik, atau karena dekat dengan Lasarus lalu kemudian diberikan prioritas, tidak,” tegas Lasarus saat memberikan arahan pada Rapat Konsolidasi Penyusunan Bakal Caleg DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota se-Kalbar di Kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar.

Baca juga: Jam dan Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 2023 Yuk Nonton Siaran Langsung

Lasarus tak menampik kalau caleg dengan popularitas tinggi dan memiliki kemampuan modal akan mampu meraup banyak suara. Bahkan kata dia, caleg dengan kedua modal tersebut berpeluang besar untuk memudahkan PDI Perjuangan memenangkan Pemilu 2024.

Sebagai parpol yang menargetkan kemenangan hattrick di Pemilu 2024, sambung Lasarus, partainya tidak serta-merta menganggap kedua faktor itu sebagai peluang. Sebab kata dia, PDI Perjuangan ingin menang dengan terhormat dan tidak menghalalkan segala cara.

“Rumusnya adalah menang. Apa pun diskusinya, kita berdebat untuk mendapatkan kemenangan. Tapi, tentulah kemenangan yang ingin kita capai itu dengan cara-cara terhormat.”

“Bukan karena ingin menang, lalu kemudian kita menghalalkan segala cara dan menabrak segala aturan. Tidak juga seperti itu,” tutup politikus yang juga menjabat Ketua Komisi V DPR RI tersebut.

Rapat Koordinasi Penyusunan Bakal Caleg ini dipimpin langsung Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan Rudianto Tjen. Selain Rudianto, tampak hadir pula Ketua Bidang Perempuan, Kesehatan, dan Anak DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu dan Wasekjen DPP Sadarestuwati.

Tinggalkan Balasan