Prodi MSDP Gelar Kuliah Umum Pengelolaan Kawasan Ekowisata Tepian Sungai Kapuas Bersama Akademi Ide Kalimantan

V Dokumentasi Foto Bersama Pemateri (Beny Than Heri, S.Hut)

ZONA KALBAR – Pengelolaan ekowisata adalah upaya yang dilakukan untuk menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan sambil memberikan pengalaman positif kepada pengunjung dan memberikan manfaat ekonomi kepada komunitas lokal. Pengelolaan ekowisata bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati, ekosistem, dan budaya lokal sambil mempromosikan kesadaran lingkungan dan pendidikan.

Tepat pada hari Sabtu 16 November 2023 Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP) UNU Kalbar melaksanakan kuliah umum bersama Akademi Ide Kalimantan. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Budaya Kampung Bangka.

Dalam kegiatan ini peserta hadir berjumlah 26 orang mahasiswa Prodi MSDP, 2 orang mahasiswa Univeristas Tanjungpura yang sedang melakukan riset di Kampung Wisata Caping Pontianak, dan 6 orang Dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Prodi MSDP (Tia Nuraya, M.Si), Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumber Daya Perairan (Himasper) saudara Helmi MSDP Angkatan 2021, dan kata sambutan oleh Perwakilan Dosen Fisip Untan. Acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Beny Than Heri, S.Hut (Selaku Ketua Akademi Ide Kalimantan). Setelah pemaparan Materi dilanjutkan dengan tanya jawab oleh pemateri dan peserta. Salah satu pertanyaan dari peserta yaitu
“bagaimana cara melakukan pengelolaan kawasan namun bukan di kampung halaman kita sendiri dan kiat-kiatnya?”.
Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh pemateri, salah satunya yaitu memotivasi diri kita sendiri, meyakinkan lingkungan, dan tidak mudah putus asa.

Pengelolaan kawasan ekowisata di tepi sungai adalah kombinasi yang kompleks antara pemeliharaan lingkungan, pendukungan bagi masyarakat lokal, dan pengalaman wisata yang positif. Dengan pendekatan yang tepat, kawasan ekowisata tepi sungai dapat menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan sambil menjaga keindahan alam dan lingkungan sungai untuk generasi mendatang.

“Kami selaku pendamping Kampung Wisata Caping Pontianak, berterima kasih atas kegiatan kuliah umum yang diadakan di Rumah Budaya Kampung Bangka yang kemudian juga dilanjutkan dengan MoU kerjasama pengembangan kampung wisata. Dengan adanya kegiatan ini, kampung Caping bisa semakin berkembang, dan mahasiswa yang ikut serta berperan, juga bisa mendapatkan manfaat yang bisa diimplementasikan dikemudian hari di daerah masing-masing, tutur Beny Than Heri (Ketua Akademi Ide Kalimantan).

Disampaikan pula Ketua Prodi MSDP Tia Nuraya, M.Si bahwa kegiatan ini sangat penting bagi para mahasiswa dan bisa menjadi bekal para mahasiswa setelah lulus dan mendapat gelar sarjana perikanan. Saya sebagai ketua himpunan mahasiswa manajemen sumber daya perairan dan mewakili kepengurusan sangat merasa senang dengan di adakannya kuliah umum di kampung caping Pontianak, dan kami ucapkan terimakasih banyak kepada Abang Deny selaku ketua akademi ide Kalimantan yang menyambut kami dengan senang hati, semoga dengan di adakannya kegiatan tersebut bisa memacu semangat bagi mahasiswa baru khususnya di MSDP dan semoga ilmunya bermanfaat, “Tutur Helmi Ketua HIMASPER.

Setelah kegiatan selesai dan ditutup dengan foto Bersama pemateri dan para peserta


Eksplorasi konten lain dari ZONA KALBAR

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan