Cara Berinvestasi Untuk Anak Muda, Biar Gak Miskin Seumur Hidup

ZONAKALBAR.COM — Saat ini, bisa dikatakan sebagai eranya generasi muda, baik buruk nasib bangsa bahkan masa depan gen z tergantung bagaimana menggunakan mereka mengelolanya. Untuk itu, kami memberikan cara berinvestasi untuk anak muda. So! Biar kalian gak miskin seumur hidup.

Ada pepatah lama mengatakan ” Tuhan tidak pernah menakdirkan manusia itu miskin. Kalau dia mati dalam keadaan miskin berarti itu kesalahannya sendiri”. Ungkapan itu ada benarnya, sebab tuhan dengan “Kemahaannya melimpahkan kekayaan yang luar biasa di bumi ini”.

Dari itu, anak muda perlu punya strategi untuk untuk menjadi orang kaya. Salah satunya ialah dengan berinvestasi. Meskipun begitu investor muda harus mempertimbangkan risiko, supaya tak terjebak pada perusahaan yang memanipulasi keuangannya.

BACA JUGA:

Disadur dari harianjogja.com, berikut rangkuman strategi investasi untuk Anak Muda:

1. Mendekati Diri pada Peluang Penghasilan

Sebelum berinvestasi, kamu tentunya harus mempunyai penghasilan. Dalam perkembangan zaman, peluang mendatangkan penghasilan sangat besar bagi generasi yang melek digital. Gunakan peluang tersebut untuk mengumpulkan penghasilan sehingga dapat berinvestasi demi menata masa depan.

2. Menambah Wawasan Untuk Mengenali Produk Investasi

Sebagai investor pemula, kamu harus terus belajar dan menambah wawasan mengenai produk investasi. Untuk meminimalisir kerugian, kamu harus memprediksi keuntungan maupun kerugian yang akan terjadi saat berinvestasi. Dengan menambah wawasan, kamu juga dapat mengenali kelegaan produk investasi.

 

3. Memulai Investasi Secara Perlahan

Mulailah berinvestasi dengan perlahan namun pasti. Sebagai pemula kamu bisa berinvestasi 20% dari penghasil namun disaat penghasilan bertambah, kamu bisa perlahan menaikan budget untuk berinvestasi. Gunakan produk investasi yang terbukti legal dan mudah untuk kamu gunakan. Kamu bisa mencari tahu kelegalan produk sebelum menggunakan dan lebih dianjurkan menggunakan produk legal yang diawasi langsung oleh OJK.

4. Belajar Mengatur Standar Life Style

Ketika sudah berpenghasilan dan mulai berinvestasi, kamu harus bisa mentakar standar life style atau gaya hidup kamu. Belajarlah menahan diri untuk mengikuti gaya hidup yang semakin berkembang. Kamu harus bisa membagi penghasilan untuk investasi dap untuk biaya hidup. Perlahan tambahkan alokasi untuk berinvestasi sesuai dengan grafik kenaikan penghasilan kamu.

Itulah cara Berinvestasi Untuk Anak Muda. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar