Usaha Pelestarian Kebudayaan di Kalimantan Barat

ZONA KALBAR, Pontianak – Sekretaris daerah (Sekda), Harisson mengatakan Pemerintah provinsi Kalimantan Barat saat ini berusaha menjaga keberlangsungan dan kelestarian sejumlah cagar budaya yang ada di daerah tersebut. Untuk itu, pihaknya mendukung Rakornis dan Sosialisasi program pelestarian kebudayaan yang diselenggarakan UPT BPK Wilayah XII Kalbar kali ini.

“Kita juga berupaya menjaga dan melestarikan keberlangsungan cagar-cagar budaya yang kita miliki,” kata Horisson saat menghadiri Rakornis dan Sosialisasi Program Pelestarian Kebudayaan yang diselenggarakan UPT BPK Wilayah XII Kalbar di Hotel Golden Tulip Kota Pontianak, Senin (10/72023).

Ia menyebut upaya pelestarian cagar budaya tersebut nantinya bakal memajukan sektor wisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kalbar.

Baca juga:

“Kita juga harus mampu mengangkat dan melestarikan cagar-cagar budaya kalbar yang juga berdampak terhadap tumbuhnya sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat di Kalbar,” ujarnya.

Ia menambahkan usaha pelestarian keberlangsungan cagar budaya yang dilakukan pemerintah pusat dan pemprov nanti juga akan berdampak positif bagi generasi Kalbar yang akan datang.

“Pelestarian cagar budaya ini juga bermanfaat bagi generasi mendatang. agar supaya generasi yang akan datang tidak melupakan warisan yang ditinggalkan nenek moyangnya”. Imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPT BPK Wilayah XII Kalbar Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbudristek, Dewi Murwaningrum mengatakan pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini untuk menjadi ruang diskusi serta koordinasi antar pemangku kebijakan dalam usaha pelestarian kebudayaan di Kalimantan Barat.

“Pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi tehnis diharapkan menjadi ruang diskusi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam usaha pemajuan kebudayaan di Kalimantan Barat,” katanya

Ia mengatakan kegiatan ini juga diselenggarakan agar tercapainya tujuan visi misi serta kesepakatan kerjasama dan kolaborasi para pihak yang berperan dalam bidang usaha pemajuan dan pelestarian kebudayaan Kalbar.

“BPK Wilayah XII sebagai UPT Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbudristek mengajak Pemerintah daerah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi, akademisi, pegiat budaya, komunitas budaya, dan pihak-pihak yang mempunyai peranan di bidang kebudayaan di Provinsi Kalbar untuk menyatukan visi misi kesepakatan, kerjasama/kemitraan yang saling berkesinambungan dalam usaha pemajuan dan pelestarian kebudayaan,”jelasnya.**

Tinggalkan Balasan