HIMASPER Turut Serta dalam Kegiatan Penghijauan Kampus UNU Kalbar yang Bekerjasama dengan KPH Kubu Raya

ZONA KALBAR, KUBU RAYA – Lingkungan hidup merupakan ruang yang ditempati oleh mahluk hidup bersama komponen – komponen baik yang hidup maupun yang tidak hidup. Komponen – kompenen tersebut meliputi hewan, tumbuhan, air, udara, tanah, iklim, mineral dan lainnya atau disebut juga sumber daya alam.

Saat ini banyak sekali terjadi masalah lingkungan dan salah satu faktor penyebabnya adalah manusia. Aktivitas yang dilakukan oleh manusia cenderung tidak memeperdulikan lingkungan biosfik dan lebih cenderung pada pemanfaatan sumber daya alam berlebih tanpa mempertimbangkan efek samping kedepannya. Salah satu permasalahan lingkungan yang saat ini dapat kita rasakan adalah padatnya wilayah kependudukan karena pengaruh urbanisasi yang tidak terkendali dan mengakibatkan keterbatasan lahan untuk melakukan kegiatan penghijauan.
Kegiatan penghijauan juga perlu dilakukan di lingkungan Kampus atau universitas agar tercipta lingkungan kampus yg Asri. Oleh karena itu, kami melakukan kolaborasi dengan pihak pemerintah Kubu Raya yaitu dengan KPH Kubu Raya dalam penanaman bibit pohon di sekitar kampus Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat oleh semua progran studi dan himpunan mahasiswa di Fakultas Pertanian.
Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Juli 2023.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan Fakultas Pertanian, Ketua Program Studi, dan para mahasiswa. Para pengurus HIMASPER (Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumber Daya Perairan) juga ikut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan diawali dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan di ruang AULA Unu Kalbar, serta terakhir yaitu penanaman pohon Bersama KPH Kubu Raya.

“Kami menyambut baik kegiatan penanaman yang diselenggarakan atas kerjasama Fakultas Pertanian Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat bersama KPH Kubu Raya. Kami berterimakasih atas bantuan bibit yang diberikan oleh UPT KPH yang terdiri dari jenis matoa, kopi, pinang, dan jambu kristal yang ditanam secara simbolis pada hari Selasa 18 Juli 2023.

Bibit ini akan ditanam seluruhnya dengan pola mengelilingi lahan UNU (Tress along Border). Kegiatan penanaman di kampus UNU KALBAR menjadi momentum untuk menjalin kerjasama lebih lanjut dengan dinas kehutanan dalam hal ini upt KPH kubu raya terkait magang mahasiswa, pengabdian masyarakat, penelitian. Harapan saya pohon yg ditanam kedepannya akan memberikan manfaat ekologis dan estetik di lingkungan unu kalbar dan menjadikan lingkungan yg asri dan teduh untuk menunjang aktivitas di kampus”, tutur Pak Sigit Normagiat, M.Sc (dekan fakultas pertanian unu kalbar)

“Kegiatan ini menjadikan ladang kerjasama, dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya. Dengan adanya kegiatan penghijauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yg baik untuk kita semua”, tutur Tia Nuraya, M.Si (Ketua Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan Unu Kalbar).

Kami dari Himpunan Manajemen Sumber Daya Perairan (HIMASPER) juga ikut andil dalam kegiatan tersebut “dalam kegiatan ini kita tahu bahwa penghijauan sangatlah penting bagi kita apalagi pada akhir-akhir ini banyak sekali terjadi kebakaran dan juga penebangan pohon secara liar sehingga yang kita rasakan pada lingkungan kita khususnya di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat itu berasa panas dan gersang, maka dari itu dengan di adakan kegiatan ini harapan kami semoga menjadi suatu bukti bahwa kita masih mempunai rasa kepedulian terhadap lingkungan kita” tutur Helmi Ketua Himpunan Manajemen Sumber Daya Perairan (HIMASPER)

Tinggalkan Balasan