Ketua P3SM Kalbar Erwinsyah, S.ST.MM Pimpin Grand Opening Rasip Lukito Sebagai Ketua P3SM Kubu Raya

KUBU RAYA, ZONA KALBAR – Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri yang biasa dikenal dengan P3SM merupakan Mitra Terpercaya bagi dunia usaha dan para profesional dalam mengembangkan kemampuan usaha dan kompetensinya terutama dalam memenuhi kebutuhan Pembinaan dan Pelatihan Kompetensi Kerja, Sertifikasi Badan Usaha, Sertifikasi Kompetensi, Pengujian dan Layanan Jasa Lainnya yang dilakukan tenaga ahli yang kompeten dan profesional serta memberikan pelayanan yang akurat, efektif, efisien dan sistematis dengan menggunakan teknologi informasi terkini.

Grand Launching dihadiri, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kubu Raya Wan Iwansyah, SPd, SKM, MAP, Rasip Lukito Ketua P3SM Kubu Raya, Pomdam,XII/TPR Kapt. CPM. Rudi Perwakilan PUPR Kubu Raya, Sinarmas,tokoh masyarakat dan banyak lainnya yang menghadiri undangan Grand Opening Gedung Tempat Uji Kompetensi “P3SM Menanjak Kubu Raya Sabtu tanggal 21 Oktober 2023

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Perwakilan P3SM Kalbar Erwinsyah, S, ST. MM Dalam kesempatan itu, Erwin mengatakan kami berkomitmen akan terus melayani berbagai dan beragam industry Manufaktur, konstruksi, perkebunan, dan lain sebagainya. Bersama Kemnaker kami telah menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan K3 bagi ribuan petugas K3 dan tenaga ahli K3, Erwin Menambahkan untuk menunjang kegiatan praktek dan Pembinaan K3. Dengan tambahan fasilitas Workshop dan Training Center ini diharapkan akan lebih memberikan kenyamanan bagi peserta maupun instruktur sehingga kegiatan praktek dan Pembinaan K3 akan lebih optimal nantinya. Upaya Erwin nantinya memiliki instruktur handal, tempat praktek yang memadai dan Training Center yang nyaman, harapan kami para peserta dapat menyerap aneka pembelajaran dengan optimal dan tujuan akan tercapai, yaitu meningkatkan skill, kompetensi dan tentunya lulus mendapatkan lisensi. Dan dengan doa, usaha dan kerja keras ditambah dukungan dari semua lini, kami tumbuh dan selalu berproses ingin menjadi yang terbaik dalam melayani dan memfasilitasi, Menjadi berbeda itu mungkin sulit, tapi terus berusaha menjadi lebih baik adalah tujuan sesungguhnya. Tutupnya.

Rasip Lukito Ketua P3SM Kubu Raya Menambahkan Ini Memang Langkah Kecil Tapi Awal Untuk Berlari Semakin Kencang Sertifikasi kompetensi ini tidak akan terwujud menurut rasip, tidak akan terjadi tanpa ada dukungan dari Ketua perwakilan P3SM Klabar yakni erwinsyah, dan pihak terkait halini pantas dikagumi berkat upayanya meningkatkan nilai para pekerja yang patut dipuji karena selalu berkorban serta mempunyai waktu untuk pekerja, sementara P3SM Kalbar tampil mempesona dengan segala kemampuan memberikan yang terbaiknya. “Saya terharu. Tapi ini adalah awal sekaligus tantangan untuk melangkah lebih jauh ke depan guna membangun dan menyelaraskan Menanjak Kubu Raya. Tegasnya

Rasip Menambahkan Sertfikasi kompetensi ini, tentulah akan mengubah cerita bagi para pekerja. Kemampuan mereka, sudah diakui dan bisa bekerja dimana saja dengan kondisi lebih baik di P3SM Kubu Raya Nantinya. Oleh karenanya, sertifikasi kompetensi ini tentu saja mengubah cerita para pekerja, Karena kepercayaan diri mereka sudah semakin baik untuk bersaing mencari pekerjaan. Harapan Rasip adalah pemerintah serta pihak-pihak lain dapat memahami bahwa sudah ada pekerja yang bersertifikasi kompetensi untuk ditempatkan pada pekerjaan milik pemerintah ataupun BUMN di kab. kubu raya khususnya, “Rasip Menyampaikan Moto menanjak kubu raya, Cerita kita sudah berubah. Cerita kita sudah ke depan meskipun baru langkah kecil, tapi ini adalah awal kita untuk berlari agar semakin kencang supaya menjadi yang terdepan,” Tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kubu Raya Wan Iwansyah, SPd, SKM, MAP, Mengapresiasi telah hadir P3SM Kubu Raya. Wan Iwansyah menyampaikan Uji Kompetensi ini ditujukan untuk membekali ketrampilan dan pengetahuan para pencari kerja di Kabupaten Kubu raya sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktifitas dan menekan angka pengangguran guna meningkatkan kesejahteraan pencari kerja dan masyarakat. Dalam sambutannya secara resmi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Wan Iwansyah, SPd, SKM, MAP, mengharapkan bahwa melalui Uji Kompetensi ini seluruh peserta dapat memiliki sertifikat kompetnesi sehingga mampu mengisi kebutuhan pasar kerja yang tersedia.

Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi ini merupakan bagian dari upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pembangunan infrastruktur yang akan memberikan multiplier effect lainnya. Dukungan Sumber Daya Manusia bidang Konstruksi harus disertai dengan kompetensi serta pengakuan secara legal formal yang menjamin mutu dan kualitas. Wan Iwansyah menyampaikan kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi yang dilaksanakan merupakan salah satu instrumen pembangunan yang penting, serta memiliki peran strategis dalam memberi kontribusi pada sektor pembangunan nasional dan daerah. sertifikasi uji kompetensi merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Uji sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang sertifikat) ini, terjamin kredibilitasnya terutama dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya,” katanya.

persaingan di dunia jasa konstruksi begitu ketat. Sehingga para pekerja, seperti tukang bangunan dituntut memiliki sertifikasi keahlian Wan Iwansyah berharap, melalui momentum kegiatan pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi tersebut bisa terpenuhinya tenaga tukang bangunan yang bersertifikat serta terampil dibidangnya.
Output dari kegiatan ini juga memudahkan pengusaha konstruksi dalam mencari jasa Konstruksi yang terjamin serta berkompetensi. Kepada peserta untuk serius mengikuti kegiatan ini, berguna untuk meningkatkan ilmu dan wawasan diberbagai bidang.
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberi apresiasi dan menyambut positif dibukanya P3SM Kubu Raya. Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi. Kab. Kubu Raya. Dengan dibukanya tempat pelatihan tersebut diharapkan nantinya akan melahirkan para pekerja jasa konstruksi yang handal, memiliki sertifikasi dibidangnya sesuai amanat Undang undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa Konstruksi.
mewujudkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja konstruksi terampil bersertifikat bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur secara umum ,khususnya Kab. Kubu Raya ”tuturnya.

Menurutnya, Dasar penyelenggaraannya bersasarkan UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi sebagaimana telah diubah dalam UU nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Serta PP nomor 14 tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Dan SE Menteri PUPR nomor 30/SE/MM/2020 tentang transisi layanan sertifikasi badan usaha dan sertifikasi kompetensi kerja jasa konstruksi. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan