LAZISNU Ketapang Serahkan 300 Juta Bantuan Kemanusiaan Untuk Palestina

KETAPANG, ZONA KALBAR – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang melakukan penyerahan donasi bantuan kemanusiaan Palestina ke LAZISNU (Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadakah) PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) Jakarta, Rabu (29/11/2023) pukul 13.30 di Gedung Bintang 9 NU Ketapang.

Penyerahan donasi senilai Rp. 301.534.700,- diserahkan secara virtual oleh Ketua LAZISNU Ketapang Muhammad Maniri melalui Zoom Meeting yang diterima langsung oleh Drs. Qohari Cholil Wakil Ketua LAZISNU PBNU Jakarta.

Dana bantuan kemanusiaan itu diserahkan oleh ketua LAZISNU Ketapang kepada Pimpinan BRI Cabang Ketapang Muzaiyin, yang telah hadir pada acara penyerahan bantuan tersebut. Selanjutnya akan ditransfer dafi Rekening CARE-LAZISNU Ketapang kepada rekening LAZISNU PBNU Jakarta

Dalam laporannya Ketua LAZISNU Ketapang menjelaskan, pengumpulan dana bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari para donatur senilai 300 juta itu terkumpul sampai dengan per 28 November 2023. Oleh karena itu sebagai pertanggungjawaban pihaknya akan menyerahkan kepada pengurus LAZISNU PBNU.

Pada kesempatan itu Ketua PCNU Ketapang Drs. H. Satuki Huddin, M.S.i. mengucapkan terima kasih kepada LAZISNU PBNU yang telah berkesempatan dan menyediakan waktu secara virtual dalam acara penyerahan hasil penggalangan dana untuk kemanusiaan di Palestina.

“Kami harus laksanakan seperti ini pak kyai, karena ini sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam upaya transparansi dan akuntabilitas daripada kinerja PCNU Kabupaten Ketapang terhadap masyarakat khususnya warga Nahdlatul Ulama Kabupaten Ketapang dan juga kepada PBNU,” katanya.

Oleh karena itu Satuki memandang walaupun berjarak jauh antara Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat dengan Jakarta tetapi momentum tersebut sangat penting untuk diagendakan dan dlaksanakan. Karena memang kerja LAZISNU membutuhkan kepercayaan dari umat.

“Tanpa kepercayaan masyarakat tentu LAZISNU tidak bisa berbuat banyak untuk melaksanakan aksi-aksi sosial. Apalagi begitu banyak persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Ketapang khususnya oleh warga NU,” imbuhnya.

Wakil Ketua Tanfidziah PWNU Kalbar H. Ahmad Kholil, SH., MH. dalam sambutan virtualnya mengatakan memiliki rasa tanggung jawab sebagai Wakil Ketua Bidang Luar Negeri, Zakat Wakaf dan LAZISNU. Karena ini merupakan wujud dari kepedulian masyarakat muslim yang ada di Kalimantan Barat, khususnya di Ketapang.

Pihak PWNU pun menurutnya sudah menghimbau kepada PC di 13 kabupaten/kota untuk memberikan dukungan solidaritas atas kepedulian kita sebagai warga Nahdliyyin khususnya yang berada di Kalbar.

“Bahkan kami sudah mendapat laporan beberapa PC kemanusiaan ini harus kita gaungkan bersama-sama, membangun jatidiri supaya kita bisa meringankan beban di Palestina,” katanya.

LAZISNU PBNU yang diwakili Drs. Qohari Cholil mengatakan, donasi yang dihimpun PCNU Ketapang melalui LAZISNU yang dinilainya luar bias meskipun berada di ujung sana, tapi semangatnya luar biasa. Karena itu ia sangat apresiasi atas semangat yang diberikan Kabupaten Ketapang.

Atas nama PBNU ia pun mengucapkan terima kasih, hal ini dinilainya luar biasa yang disumbangkan masyarakat Kabupaten Ketapang dan terkumpul menurut ukurannya sangat besar, PCNU bisa mengumpulkan hingga 300 juta. Jika tidak ada kepercayaan dari masyarakat hingga kerjasama semua pihak tidak bisa terwujud sampai sebesar itu.

“Ini dorongan dan motivasi dan juga kepercayaan dari masyarakat selama ini sudah tumbuh pada LAZISNU Ketapang umumnya PCNU Ketapang sehingga begitu digerakkan masyarakat langsung percaya dan mendonasikan apa yang sudah di sarankan atau dihimbau PCNU,” kayanya.

Acara penyerahan secara virtual selain dihadiri Ketua PCNU Ketapang, Pimpinan BRI Cabang Ketapang, jajaran Pengurus LAZISNU Ketapang, Pengurus MWCNU Nanga Tayap dan perwakilan dari 22 komunitas Ketapang yang telah mempercayakan donasinya kepada LAZISNU Ketapang. (Syafi’ie)

Tinggalkan Balasan