Ramliadi Terpilih Menjadi Duta Inspirasi Indonesia

ZONA KALBAR – Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Pontianak (UBSI) terpilih menjadi Duta, Duta Inspirasi Indonesia Tingkat Nasional 2023.

Ramliadi atau yang lebih akrab disapa Ramli mengungkapkan rasa syukurnya setelah terpilih menjadi Duta Inspirasi Kalimantan Barat 2023.

“Bersyukur atas prestasi hari ini dan tidak pernah merasa bangga atas apa yang telah diraih karena saya yakin bahwa prestasi yang saya raih hari ini hanyalah perhentian sementara untuk mengukir prestasi berikutnya,” ungkapnya.

Ramliadi menuturkan bahwa pemilihan Duta Inspirasi ini diselenggarakan oleh Yayasan Duta Inspirasi Indonesia yang didukung langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI).

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Duta Inspirasi Indonesia yang di-support (baca: didukung) langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia,” tuturnya.

Ramliadi menjelaskan bahwa Duta Inspirasi Indonesia merupakan platform yang mewadahi dan memberdayakan pemuda pemudi yang ada di Indonesia untuk menghadirkan berbagai kegiatan positif tingkat Nasional dan Internasional.

“Duta Inspirasi Indonesia merupakan salah satu wadah ataupun platform pemberdayaan pemuda pemudi di 38 provinsi yang ada di Indonesia, yang di mana tiap provinsinya itu ada satu orang putra dan satu putri yang menjadi perwakilan. Duta Inspirasi Indonesia ini menghadirkan berbagai kegiatan positif tingkat Nasional dan Internasional yang dinaungi langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bersama yayasan Duta Inspirasi Indonesia,” jelasnya.

Ramliadi mengatakan pelaksanaan kegiatan dimulai pada (17/10/2023) dimana rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari seleksi berkas, wawancara, Leaderless Group Discussion (LGD), Myers-Briggs Type Indikator (MBTI), Video Profil, Vidio Project campign, Comment Voting, dan terakhir hanya dua orang yang terpilih di setiap provinsi.

“Kegiatan ini berlangsung di tanggal 17 Oktober2023, mekanisme pemilihan Duta Inspirasi Indonesia itu sendiri, pertama kita seleksi berkas terlebih dahulu, kemudian setelah seleksi berkas beberapa orang digugurkan, kemudian lanjut ke tahap wawancara dan LGD, setelah itu pengumuman akhir yang di mana setiap provinsi itu hanya ada dua orang yang terpilih yaitu satu orang putra dan satu orang putri,” katanya.

Alasan Ramliadi Ikut Duta Inspirasi ini, “Saya yakin bahwa dengan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan semangat untuk belajar, saya dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan. Saya ingin mendorong generasi muda untuk mengejar impian mereka, mengatasi rintangan, dan mencapai potensi terbaik mereka. Saya melihat peran sebagai Duta Inspirasi sebagai panggilan untuk berbagi, menginspirasi, dan memotivasi. Saya ingin menjadi bagian dari gerakan positif yang dapat memicu pertumbuhan dan kemajuan masyarakat kita. Dan tentunya ingin menjadi sebuah kebanggaan bagi kampus Universitas Bina Sarana Informatika, memiliki mahasiswa yang mampu menginspirasi banyak orang hingga berperan dalam pencapaian Indonesia Emas 2045. Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi” tuturnya

Ramliadi menjelaskan keuntungan yang ia dapat setelah terpilih menjadi Duta Inspirasi Kalimantan Barat bukan hanya gelar kehormatan yang ia dapatkan tetapi juga mendapatkan relasi tingkat nasional, intensive coaching dengan profesional expertises and fun task, dan sertifikat tingkat nasional yang ditandatangani Kemenpora RI.

“Selain gelar kehormatan sebagai Duta Inspirasi, relasi tingkat nasional, intensive coaching with profesional expertises and fun task dua kali dalam seminggu, sertifikat tingkat nasional yang bertanda tangan Kemenpora RI, Duta Inspirasi teraktif dan kontributif akan diberangkatkan ke Jakarta untuk Rapat Koordinasi Nasional di Kemenpora RI yang dilaksanakan hanya sekali dalam satu tahun,” jelasnya.

Sebagai penutup, Ramliadi menyampaikan harapannya agar bisa mengayomi dan merangkul pemuda pemudi yang ada di provinsi untuk mendukung program pemerintah yang ingin lebih berdampak untuk Indonesia emas di tahun 2045.

“Menjadi duta tidak hanya gelarnya saja, tetapi bagaimana dia berdampak bagi orang sekitarnya. Sebagai Duta Inspirasi delegasi Provinsi Sulawesi Selatan, harapan saya ke depannya dengan adanya platform ataupun wadah ini, saya bisa mengayomi dan merangkul pemuda pemudi yang ada di provinsi saya terlebih dahulu agar bisa lebih berdampak untuk indonesia emas di tahun 2045,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan