Target Jadi Desa Mandiri, Berikut Profil Mat Sabar Bakal Calon Kepala Desa Permata Jaya

ZONA KALBAR – Pelaksanaan pembangunan desa memiliki penilaian yang menjadi patokan dalam mengukur maju atau tidaknya desa tersebut. nilai yang menjadi patokan dalam pelaksanaan pembangunan desa diukur melalui sejumlah indikator yang di sebut dengan Indeks Desa Membangun (IDM).

Indikator IDM antara lain indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan.

Berdasarkan 3 indikator IDM tersebut, Desa akan dinilai apakah desa tersebut merupakan mandiri, maju, berkembang, tertinggal atau sangat tertinggal.

Mat Sabar pemuda asal kampung Parit Bangka, Desa Permata Jaya, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya berkomitmen akan mendorong kemajuan di desanya tersebut.

Ia berjanji akan mendorong Desa Permata Jaya menjadi desa berkemajuan.

“Saya ingin mendorong Desa Permata Jaya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya ini menjadi desa berkemajuan yang nantinya bisa menyandang predikat sebagai Desa Mandiri”. Janjinya.

Sekilas tentang Desa Permata Jaya

Desa Permata Jaya adalah desa baru yang resmi mekar dari Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2022.

Desa ini akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa untuk pertama kalinya pada pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten kubu raya Oktober 2023 mendatang.

Mat Sabar yang merupakan pemuda asal desa tersebut berniat bakal maju dalam pemilihan kepala desa Permata Jaya. Ia menyatakan bersedia untuk maju karena ingin mendorong kemajuan di desanya tersebut.

“Visi misi saya menjadi calon kades permata jaya adalah Percepatan pembangunan menuju Desa Berkemajuan”. Ungkapnya.

Ia berkata desa Permata Jaya yang baru resmi mekar ini, membutuhkan sosok pemimpin dari kalangan anak muda. Menurutnya sosok pemimpin muda muda dibutuhkan di desa tersebut untuk menjadi Desa Maju atau Mandiri.

“Desa permata jaya ini baru resmi mekar tahun 2022 dari Desa Sungai Asam saat ini masih menyandang predikat IDM sebagai desa berkembang, Maka untuk mengejar ketertinggalan itu desa ini memerlukan sosok pemimpin muda yang masih memiliki semangat untuk memajukan desa”. Ungkapnya.

Ia berkomitmen apabila dirinya terpilih nanti ia akan mendorong desa tersebut menjadi desa ber IDM Maju bahkan mandiri.

“Jika saya ditakdirkan terpilih saya akan berusaha selama periode kepemimpinan, saya akan mendorong Desa Permata Jaya dari desa berkembang menjadi desa berstatus IDM Maju atau Mandiri.” Ungkapnya saat di tanya Zona Kalbar. Selasa, (11/7/2023).

Berikut profil Bakal Calon Kepala Desa Permata Jaya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya;

Mat Sabar, lahir di Desa Sungai Asam pada 03 Maret Tahun 1993. Saat ini ia berumur 30 Tahun. Ia merupakan sudah memiliki pasangan atau istri bernama Khairiyah yang dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Muhammad Abidzar.

Berikut Riwayat Pendidikan, organisasi dan pengalaman profesionalnya:

Riwayat Pendidikan.
1 SDN 43 Sungai Raya
2. SMPN 6 Sungai Raya
3. SMK Koperasi Pontianak

Riwayat Organisasi;
1. Ketua OSIS SMK Koperasi Pontianak 2012-2013
2. Ketua Ambalat Pramuka SMK Koperasi Pontianak 2012-2013

Riwayat Pekerjaan;
1. Panwas Pilkades Sungai Asam 2017
2. Kepala Dusun 2018 Sampai Sekarang

Visi-misi; Percepatan pembangunan menuju Desa Permata Jaya Berkemajuan”. Jelas Mat Sabar saat menjelaskan profil dirinya kepada Zona Kalbar. Selasa, (11/7/2023).***

Tinggalkan Balasan