Tokoh Etnis dan Agama se-Kalbar  Dukungan Ganjar Mahfud di Pilpres 2024

ZONAKALBAR.COM, PONTIANAK – Tokoh lintas etnis dan agama yang tergabung dalam Front Kebangsaan Kalimantan Barat mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md pada Pilpres 2024. Dukungan untuk pasangan Ganjar Mahfud disampaikan Front Kebangsaan pada agenda Deklarasi Kebangsaan yang berlangsung di Hotel Gajahmada Pontianak, Selasa (31/10/2023) malam.

Deklarasi dukungan dihadiri ratusan orang dari 31 ormas dan paguyuban etnis serta kelompok relawan. Acara deklarasi diikuti secara langsung oleh Capres Ganjar Pranowo yang hadir secara virtual. Tak sebatas hadir, Ganjar turut memberikan sambutan singkat pada acara deklarasi tersebut.

Koordinator Front Kebangsaan Kalbar Yakobus Kumis memaparkan alasan kelompoknya mendukung Ganjar Mahfud karena keduanya dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Di samping itu, Front Kebangsaan juga berkeyakinan kalau Ganjar Mahfud akan mampu mengubah wajah Indonesia menjadi negara maju yang disegani dunia.

BACA JUGA:

Ketua GMNI: Nepotisme Ancam Masa Depan Pemuda, Harus Dilawan!

PDIP Kubu Raya Optimis Ganjar Mahfud Menang Satu Putaran

“Pak Ganjar sosok yang matang. Pernah di DPR RI dan gubernur dua periode. Begitu juga Pak Mahfud. Pernah di legislatif sebagai anggota DPR RI, di eksekutif sebagai menteri, dan yudikatif sebagai Ketua MK. Pengalaman itulah yang akan memberikan dampak bagi kelangsungan negara ini ketika mereka memimpin kelak. Negara kita negara besar jadi jangan sampai diserahkan kepada orang yang tak berpengalaman,” kata Yakobus ketika diwawancarai awak media seusai deklarasi.

Deklarasi dukungan dari Front Kebangsaan ini mendapat tanggapan positif dari Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Mahfud Kalimantan Barat. Ketua TPD Ganjar Mahfud Kalbar Lasarus menyebut dukungan ini kian mempertebal keyakinan bahwa paslon yang diusung empat partai politik itu mampu meraup 60 persen suara di Bumi Khatulistiwa.

“Tokoh lintas etnis, lintas agama yang malam ini mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Mahfud merupakan hal luar biasa. Kami di TPD semakin yakin 60 persen suara dari 3 juta lebih DPT di Kalbar bisa kita raih. Tak mudah memang, tapi kami optimis dan tentu akan bekerja keras bagaimana mewujudkan itu,” tutur Lasarus yang turut hadir saat deklarasi.

“Kemudian tadi juga disampaikan harapan dan curhatan dari kawan-kawan pendukung Ganjar Mahfud yang itu akan jadi bagian dari program kerja manakala keduanya terpilih jadi presiden dan wakil presiden. Jadi malam ini tidak sebatas seremonial deklarasi, tetapi juga dibuka kanal diskusi untuk menerima masukan mengenai apa yang masih perlu diperbaiki dari pemerintahan yang sekarang,” timpalnya.

Lasarus menambahkan bahwa dukungan yang diberikan Front Kebangsaan ini merupakan keputusan politik yang tepat. Sebab menurutnya, dari tiga pasang capres-cawapres yang berkontestasi saat ini, Ganjar Mahfud merupakan pasangan yang paling ideal untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Pasangan nasionalis-religius itu juga diklaim Lasarus sebagai dua sosok yang rekam jejaknya paling baik dan terlahir dari proses politik yang baik pula.

“Bangsa ini bangsa besar sehingga harus mendapat pemimpin baik dari proses seleksi yang baik. Ganjar Mahfud ini dari sisi SDM sangat unggul dan individu mereka berdua bukan orang bermasalah. Ibarat produk, mereka berdua ini barang baik yang memang aslinya baik. Bukan seperti yang di luar sana yang membranding barang kurang baik jadi baik. Kami tidak begitu karena kami diajarkan untuk berpolitik yang mengedepankan keadaban, etika dan moral,” kata Ketua Komisi V DPR RI tersebut.

Deklarasi dukungan Front Kebangsaan turut dihadiri oleh parpol koalisi pendukung Ganjar Mahfud, yakni PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo. Acara deklarasi juga diwarnai aksi ganti baju dari Relawan Rumah Jokowi yang kini telah mantap mengalihkan dukungannya ke Ganjar Pranowo.**

Tinggalkan Balasan